5 Cara Mudah Menjadi Blogger Sukses

Menjadi blogger sukses semakin diminati oleh para anak muda sekarang ini yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan dari dunia internet. Yah walaupun tak hanya uang yang menjadi tujuan seorang blogger namun tak perlu dipungkiri bila dapat menghasilkan dari internet adalah salah satu kesuksesan yang ingin diraih para blogger.

Namun kesuksesan untuk memonetisasi / menghasilkan uang dari blog tidak dapat diraih begitu saja, karena semua perlu ilmu dan kerja keras. Bila Anda ingin menjadi blogger sukses hanya untuk mendapatkan uang dalam waktu singkat sebaiknya buang jauh-jauh keinginan Anda, karena banyak orang yang memiliki pemikiran yang sama tsb akhirnya frustrasi. 
tips sukses menjadi blogger


Tips Mudah Menjadi Blogger Sukses


Berikut ini adalah kiat-kiat / tips sukses menjadi seorang blogger yang dapat Anda coba:

1. Tetapkan Tujuan Anda Menjadi Seorang Blogger

Seseorang dapat dikatakan sukses bila dia telah berhasil mencapai tujuannya. Bila tujuan Anda menjadi blogger saja tak jelas lalu bagaimana caranya Anda mencapai tujuan Anda? Mulailah dari sekarang tetapkan tujuan Anda sebelum Anda memulai sesuatu. Apakah Anda ingin menghasilkan uang 100$ per bulan dari dunia blogging atau apakah Anda ingin menjadi blogger sukses yang terkenal? Dsb.

Penting sekali menetapkan tujuan yang realistis dan mudah diraih. Bila Anda seorang yang pemula dan tak mengerti apa-apa tentang dunia blogging, janganlah Anda membuat tujuan selangit misalnya menghasilkan 500$ dalam bulan pertama. Tujuan yang tidak realistis justru akan membuat Anda depresi.

Bila Anda ingin menjadi blogger yang sukses, Anda pun harus melakukan evaluasi akan tingkat pencapaian, misalnya tiap bulan atau 3 bulan sekali sehingga Anda dapat mencari solusi akan masalah yang dihadapi bila target belum tercapai sesuai rencana.

2. Buat Blog

Membuat blog adalah keharusan bila Anda ingin menjadi blogger yang sukses. Untuk itu Anda perlu mengetahui cara membuat blog yang benar. Bila Anda masih tahap belajar, Anda dapat menggunakan platform gratis seperti blogger.com, namun agar Anda lebih serius saya sarankan Anda membeli domain dan hosting sendiri. 
Baca juga: Kebutuhan Web Hosting Murah Berkualitas

Bagaimana cara membuat blog yang benar? Saya sarankan Anda untuk mengikuti panduan yang ada di internet seperti pada blog normal.web.id dan mylamsen.com. Kedua blog tsb memberikan panduan blogging untuk para pemula.

3. Konten Orisinil dan Bermanfaat

Perlu Anda ketahui bahwa keberadaan konten sangat penting untuk mendukung Anda menjadi blogger yang sukses. Konten dapat berupa artikel, gambar, maupun video. Apapun konten Anda, pastikan konten tsb selalu orisinil (bukan copy paste / copas) dan bermanfaat bagi pembaca. Untuk memudahkan Anda membuat konten tsb, mulailah dengan membuat blog tentang hal-hal yang Anda sukai atau Anda kuasai. Dan ingat, konten blog Anda harus diupdate secara rutin karena baik Google maupun pengunjung sangat menyukai konten yang fresh.

4. Optimasi Blog

Internet adalah dunia yang penuh kompetisi, oleh karena itu penting sekali melakukan optimasi blog bila Anda ingin menjadi blogger yang sukses. Optimasi ini diperlukan agar blog lebih SEO friendly (ramah mesin pencari) sehingga blog tsb akan berada di halaman teratas mesin pencari.

Tips trik SEO blog memang harus selalu menyesuaikan dengan perubahan algoritma mesin pencari / Google. Tips ngeblog yang dulu sangat powefull mungkin sekarang sudah tidak bagus lagi. Untuk itulah Anda harus mau terus belajar dan buka pikiran Anda agar mampu mencari celah untuk memenangkan persaingan tsb.

5. Promosi Blog

Pada awalnya, promosi blog diperlukan untuk mengenalkan blog Anda pada pengguna internet, namun seiring dengan perjalanan waktu, promosi blog tetap diperlukan untuk terus meningkatkan trafik pengunjung blog Anda. Banyak media yang dapat Anda gunakan untuk promosi blog, salah satunya adalah media sosial. Jadi untuk menjadi blogger yang sukses, jangan lupa untuk mengintegrasikan blog Anda dengan akun media sosial Anda.

Itulah 5 tips sukses menjadi blogger yang dapat Anda coba, semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi untuk kesuksesan Anda.